Monday, December 20, 2010

Perbedaan Blogspot dan Wordpress


Beberapa Sobat sempat bingung harus menggunakan layanan penyedia Blog yang mana, apakah Wordpress ? apakah Blogger? Maklum kedua penyedia layanan blog tersebut  paling banyak menyita dan merebut hati para blogger. Dari pertanyaan itu saya mendapat ide untuk membahasnya disini , topiknya khusus tentang perbedaan Wordpress dengan Blogger saja, dua duanya sih sama -sama bagus jadi untuk pilihan terserah sobat saja nanti.

Dari kamus saya, Berikut perbedaan antara Blogger dan WordPress :
  1. WordPress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger / Blogspot , sebaliknya Blogger tidak bisa mengimport postingan yang ada pada WordPress.
  2. Untuk memberikan komentar lebih simple di Wordpress, secara default di Blogger sedikit ribet, tapi jika di oprek settingannya tentunya komentar di blogger bisa jadi simple juga.
  3. Blogger menyediakan menu Drag Drop yang mudah untuk di gunakan, sedangkan WordPress sulit Drag Drop edit element halaman.
  4. WordPress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya.
  5. Kita hanya perlu login sekali dengan akun google untuk membuka  layanan lainya seperti gmail.com , 4shared.com, akun google webmaster dsb, maka kita tidak perlu membukanya satu persatu, karena dengan membuka akun google maka semua akun tersebut sudah terbuka.(Kadang agak menyulitkan juga kalo misalnya kita kepengen log out satu akun saja semua akun jadi ke logout deh...hehehe)
  6. Blogger Mendukung javascript, sehingga kita bebas menaruhnya di blog kita. tentunya bermanfaat untuk menghiasnya supaya indah dan cantik dan lebih interaktif.
  7. Template yang tersedia untuk Blogger juga lebih banyak dibandingkan dengan wordpress, tetapi secara tampilan default menurut penilaian pribadi saya tampilannya lebih ok Wordpress.
  8. Apabila Anda telah mempunyai domain dan hosting sendiri software WordPress telah tersedia dan siap di install di cpanel Anda. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana. Tetapi Anda juga bisa menggunakan domain Anda dan hosting pada Blogger.
Semoga postingan yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi sobat untuk menentukan pilihan sobat dalam membuat blog. Apapun pilihan Sobat, Keep Blogging Guys...(Just another Blogging Campaign)....

2 comments:

Unknown said...

salam persahabatan
berkunjung pagi nich

Unknown said...

@Imtikhan thanks kunjungannya...:)

Post a Comment

 
Powered by Blogger