Friday, December 10, 2010

Mengenal Blog dan Sejarahnya


Seringkali kita mendengar istilah blog, blogger, nge-blog dan sejenisnya. Namun sebagian dari sahabat mungkin masih awam juga dengan istilah blog itu sendiri. Kebetulan ini adalah postingan perdana di blog  ini, saya akan mengangkat tentang definisi blog itu sendiri.

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Wikipedia) 

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.(Wikipedia)

Nah kalo istilah blogger yang sering digunakan sekarang lebih kepada para pelakunya atau orang  yang mempunyai blog tersebut, yang melakukan posting ( membuat tulisan untuk selanjutnya di tampilkan di blognya ). Jenis Blogpun macam-  macam , mulai dari blog yang berisi kegiatan politik, keagamaan, hobi, dan lain - lain.

Blogger blogger ini karena mempunyai kesamaan visi misalnya, atau kesamaan daerah asal, kesamaan bahasa, atau karena kesamaan yang lain biasanya nanti akan membentuk komunitas atau yang lebih sering disebut dengan komunitas blogger.

Bagi para sahabat yang tertarik untuk langsung terjun ke dunia blog ada banyak penyedia layanan untuk membuat blog.  Penyedianya pun bermacam - macam, mulai dari blogger / blogspot, wordpress, multiply dan masih banyak lagi. Jangan khawatir, Gratis kok , bahkan dah support juga untuk bahasa Indonesia. Untuk memulai dengan Wordpress silahkan berkunjung ke http://id.wordpress.com/ atau untuk blogspot http://www.blogger.com/. Nah pada postingan berikutnya saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat akun di blogger atau di wordpress. Kedua situs ini memang saya rekomendasikan karena selain mudah juga terkenal, sehingga memudahkan sahabat untuk mendapatkan support untuk pengembangan dan segala macemnya. 

Cukup sekian postingan pertama saya , semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger