Monday, December 13, 2010

7 Langkah Mudah Membuat email di Gmail

e-mail atau kepanjangan dari electronics mail sangat populer saat ini, bagaimana tidak ? berbagai layanan di internet sebagian besar membutuhkan email dalam pemrosesannya. Penyedia email gratisan pun banyak di dapatkan, seperti akun google (gmail.com), yahoo (yahoo.com), ymail.com, live.com dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan ini saya ingin membahas  bagaimana cara membuat email di google (gmail.com) saja alasannya karena gmail merupakan salah satu penyedia layanan yang banyak penggemarnya, dengan membuat email di gmail kita juga akan mempunyai akun google yang bisa digunakan untuk include kebanyak situs misalnya ke youtube, ke blogger, dan banyak lagi. Sangat efektif  bukan? Dan lagi menyediakan free space yang sangat besar, jadi kalo hanya untuk personal jangan takut mau nyimpan berapa banyak email di dalam akun gmail. Ok , udah gag sabar kan gimana memulainya :
  • Masuk ke gmail.com atau ke mail.google.com, tampilannya seperti di bawah ini :
  • Disana kita pilih buat akun / create an account
  • Masukkan data data sesuai dengan data pribadi anda, apabila ingin menggunakan bahasa indonesia pilih saja pada kotak kanan atas pilihan bahasa. 'indonesia'. Setelah beberapa saat akan tampil permintaan pengisian data (dengan bahasa indonesia). Isikan sesuai data anda. Nama Depan dan Belakang, apabila tidak ada nama belakang cukup di beri koma(,) saja.
  • Nama login adalah nama yang akan menjadi identitas anda di akun gmail. jadi nama ini harus unik, penamaannya pun tidak boleh menggunakan spasi, misalnya nama saya Nurul Azizah untuk ID saya memilih  nurulazizah selanjutnya klik cek ketersediaan.apabila tersedia maka kita lanjutkan ke isian selanjutnya, namun apabila sudah tidak tersedia biasanya gmail akan menyarankan kita untuk memilih beberapa ID untuk kita pakai yang masih berhubungan dengan nama depan dan belakang kita. 
  • Tambahkan password, dan pertanyaan rahasia, pertanyaan ini akan dimunculkan ketika anda lupa dengan password anda, jadi pastikan jawabannya sangat familiar dengan anda. SedangkanUntuk email pemulihan dapat anda kosongkan, 
  • Ketikkan karakter untuk memverifikasi akun anda sesuai dengan kata yang dimunculkan, terakhir setelah anda membaca persyaratan layanan anda tinggal memilih tombol saya menerima buat akun saya.
  • Dan setelah berhasil akan kita dapatkan tampilan utama email anda.


Mudah bukan membuat email di google. Nah kalo ingin mencoba , anda bisa sign out dulu lalu sign in lagi. Untuk memasukkan username bisa langsung menggunakan kata pertama sebelum @ pada email anda misalnya akun anda nurulazozah@gmail.com anda bisa langsung login dengan menggunakan user name nurulazizah dan memasukkan passwordnya saja.

Semoga mudah dipahami dan mudah dijalankan selamat mencoba.

2 comments:

Entis Sutisna said...

wach,makasih banget gan atas tutonya..
pasti sangat terbantu banget....
mantabs...

Unknown said...

@ entis thanks...semoga bermanfaat...:)

Post a Comment

 
Powered by Blogger